blog saia error


sedikit berbagi, begitu berarti…

illustrasi (kaitoaokage.blogspot.com)

Dari kemarin blog saia tidak bisa diakses alias error bin unavailable. Tiba-tiba saja panik sekaligus terheran-heran, sebabnya apa saia sendiri tidak tahu. Sampai pada saat saia buka dashboard, ada notifikasi dari WordPress bahwa blog saia ternyata sudah di non-aktifkan oleh pihak WordPress. Menurut pihak WordPress dalam salahsatu tulisan saia melanggar apa yang ada dalam TOS (Term Of Service) atau syarat penggunaan konten tulisan/media pada blog wordpress.com (gratisan). Di antara TOS itu seperti pornografi, kejahatan spam, iklan (advertising) atau link-link yang mengarah pada situs-situs berbayar (paid link) ataupun blognya mengandung virus, malware dan sebagainya.

tampilan blog tidak bisa di akses

Sedangkan pada blog saia sendiri, perasaan tidak ada konten yang dilarang pada TOS tersebut. Daripada penasaran saia pun mengikuti langkah yang ada dinotifikasi tersebut, yaitu melaporkan pada pihak TOS Support dari WordPressnya barangkali ada kesalahan dari sistem. Laporan pun sudah dikirim, karena malas menunggu akhirnya saia pun juga menanyakan hal yang sama dalam Forum WordPress yang sudah disediakan. Dapat jawaban dari member lain, katanya kalau sudah mengirim laporan suruh sabar saja. Karena ada kemungkinan blog yang sudah deactivated karena melanggar TOS, nama domain beserta tulisannya semua tidak bisa dikembalikan alias hangus. 

notifikasi deactivated dari wordpress

Alhamdulillah, setelah menunggu lebih dari 24ajm, dapat balasan dari pihak TOS Supportnya. Menurut data di sistem mereka ada satu tulisan saia yang secara tidak langsung merujuk pada situs berbayar (paid link) dan meminta saia untuk menghapusnya. Setelah saia buka dashboard, semua postingan saia kembali tapi masih belum dapat mengakses blognya. Tanpa pikir panjang, saia pun mencari tulisan yang bersangkutan lalu buru-buru menghapusnya. Barulah saia kirim konfirmasi pada pihak TOS Supportnya.

Biasalah tinggal menunggu saja, lalu ada kawan saia sms bahwa katanya blog saia sudah bisa dibuka kembali. Saia pun membuka browser, lalu masuk ke blog saia. Jreeeng, ternyata saia masih belum bisa mengaksesnya juga. Tapi anehnya kawan saia dan  ada komentar dari kawan lain masuk ke blog saia. Nah, kenapa saia sendiri yang tidak bisa mengakses. Hopeless sudah. Barulah sekitar dua jam kemudian, saia iseng buka blog lagi dan alhamdulillah blog saia sudah kembali.

Pelajaran yang dapat saia ambil adalah bahwa jangan sembarangan menulis apalagi buang sampah. Menulis harus pada tempatnya, berhubung ini pakai blog gratisan (wordpress.com) ada aturan main yang harus kita penuhi seperti TOS tadi. Hanya jangan panik alias takut, kalau sewaktu-waktu blog kita sendiri kena banned oleh pihak WordPress, ada Team Support yang selalu siap melayani. Selama kita yakin bahwa blog kita benar dan berjalan sesuai kaidah aturan TOS yang berlaku.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

18 thoughts on “blog saia error

  1. Ouhh jadi kayak gini yahh masalah blogmu. Saia baru ngeh jadinyaa. blognya dah aktif lg. Yaahh ga jd pake blog nama saia dunkk :))

  2. hooo….pantesan beberapa hari ini kak Seni gak posting tulisan, biasanya kan aktif banget…. 😀
    ternyata blognya abis sakit ya…. ^^
    alhamdulillah sudah sembuh kembaliiiii (>/\<)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s