tentang danbo


sedikit berbagi, begitu berarti…

ada yang familiar dengan tokoh karakter dibawah ini?

illustrasi (heydanbo.com)

Mungkin sebagian orang sudah familiar dengan tokoh tersebut. Tapi, apakah ada yang tahu nama dari tokoh atau karakter itu. Kira-kira jenis kelaminnya apa cobaa? trus darimana asalnya dan lain sebagainya. Berhubung saia sendiri baru tahu, tidak ada salahnya saia coba menyampaikan kembali. Silakan di simak.

siapa sih  danbo

Sebenarnya danbo itu cewe alias perempuan lho, setidaknya itu yang saia kutip dari heydanbo. Perhatikan saja lebih seksama, seolah-olah sedang memakai rok bukan?. Danbo sendiri merupakan nama asli yang digunakan dalam manga (komik) Yotsuba&!.

artinya danbo apa yah

Kata danbo berasal dari bahasa jepang “danboru” (ダンボー) yang artinya karton bergelombang (google translated). Atau ada juga perusahaan Box and Packing yang menggunakan kata “danbooru”. Di dunia barat sendiri namanya dapat bervariasi tergantung terjemahan manga (komik) aslinya. Nama-namanya antara lain:

  • Danbo
  • Danboard
  • Danboru
  • Danbooru
  • Cardbo

darimana sih danbo itu

illustrasi (heydanbo.com)

Seperti yang sudah diungkapkan bahwa danbo itu merupakan karakter dalam komik Yotsuba&!. Dimana komik ini menceritakan kisah petualangan dan kehidupan lucu seorang gadis berumur 5tahun. Komiknya pertama kali terbit tahun 2003. Seorang teman yotsuba yang bernama miura hayasaka membuat kostum robot dari kardus bagian dari tugas sekolahnya. Kemudian kostum tersebut dipakaikannya pada yotsuba, miura sendiri menyakinkan yotsuba bahwa dirinya seolah-olah ‘robot penyerang’. Kekuatannya berasal dari sebuah koin yang dimasukkan ke dalam slot di bagian dada. Robot itulah yang kemudian diberi nama danbo.

Akhir 2007, barulah sebuah perusahaan mainan Kaiyodo mulai menerbitkan danbo dalam bentuk patung-patung lucu. Disusul kemudian perusahaan seperti amazon.co.jp and 7-eleven mulai memproduksi dan menjualnya dengan berbagai variasi yang lucu.

berapa harga danbo dan dimana membelinya

Dengan tinggi sekitar 5 inchi, danbo dapat diperoleh dengan sekitar $50-$80 atau sekitar 500ribuan paling murahnya. Nah, kalo untuk ukuran sekitar 2,5 inchi harganya $25-$30 saja. Hasil pabrikan dari kaiyodo, amazon.co.jp dan 7-eleven dapat diperoleh lewat ebay. Kalo untuk wilayah indonesia, saia sendiri kurang tahu. Mungkin ada yang jual di kota-kota besar di indonesia?

buat danbo kreasi sendiri yuuk

Kalau tidak punya uang untuk membelinya, dapat juga kita buat sendiri dari kardus-kardus bekas. Saia tidak menyertakan langkah-langkah detil, hanya menampilkan bentuk kasaran cara membuat danbo. Mudah-mudahan dapat dipahami dengan baik.

illustrasi (bipin.me)

illustrasi (mio-mio.deviantart.com)

aksi-aksi danbo depan kamera

Mau tahu aksi narsisnya depan kamera? saia mengutip dari digitalredeye ada beberapa photo danbo yang cukup menarik untuk dilihat, adapun untuk koleksi lainnya dapat langsung menuju TKP.

Walaupun mungkin sudah lawas, tapi mudah-mudahan info sederhana tentang danbo ini bermanfaat.

Advertisements

28 thoughts on “tentang danbo

  1. Pingback: reva dan gadis cantik « senitea's blog

  2. Pingback: Tentang Dambo :) | TitiNdutndut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s