siapa yang suka telor?


sedikit berbagi, begitu berarti…

illustrasi (flavorsofbrazil.blogspot.com)

Menyambung tulisan saia yang berjudul “tak terbayangkan”, coretan tidak jelas tentang imajinasi menikmati sebuah telor rebus. Telor merupakan makanan paling familiar dengan saia, atau mungkin juga dengan teman-teman semuanya. Ada yang disemur atau balado pedas. Atau ada juga yang gadoin telor rebus seperti saia. Semua bagian telor itu bermanfaat, dari kulit sampai isinya. Kulitnya dapat dimanfaatkan jadi bahan kerajinan tangan, isinya tentu saja kita konsumsi. Masih mentah pun bermanfaat apalagi kalau sudah matang dan pandai mengolahnya. Hmm, bakal tambah enak lagi (gak bisa membayangkan deeh). Dari kompas-health saia mendapatkan beberapa alasan pentingnya mengkonsumsi telor,  diantaranya adalah:

1. Jantung Sehat

Sebagian besar dari reputasi buruk telur adalah karena kolesterol dalam kuning telur. Menurut American Heart Association (AHA), satu kuning telur besar memiliki sekitar 186 miligram (mg) kolesterol dan jumlah itu cukup untuk memenuhi asupan kolesterol seseorang (yang menurut rekomendasi sampai 300 mg per hari). AHA merekomendasikan bahwa orang dengan kadar kolesterol normal dapat mengonsumsi telur sebanyak empat butir per minggu. Sementara untuk orang dengan penyakit jantung cukup dua butir setiap minggunya.

Para ahli beranggapan, putih telur tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali dan oleh karenanya tidak ada batasan untuk mengonsumsi putih telur, karena dapat mempromosikan kesehatan jantung. Bahkan, sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Circulation, jurnal dari American Heart Association, menemukan bahwa lutein, nutrisi yang ditemukan dalam kuning telur, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan berat badan

Telur merupakan camilan yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin menurunkan atau mengelola berat badan mereka. Dengan 6 gram protein dan hanya 80 kalori yang terkandung dalam sebutir telur besar, satu telur rebus bisa menjadi camilan memuaskan. Anda juga bisa menambahkan segenggam bayam segar sebagai pendampingnya. Perlu diketahui, putih telur hanya memiliki 15 kalori per butirnya. Tidak ada kandungan kolesterol dan lemak jenuh pada putih telur sehingga sangat baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Makanan kaya nutrisi

Selain dapat membantu mengontrol berat badan, telur juga menyediakan banyak nutrisi penting, termasuk vitamin A, dan zat besi mineral, fosfor, seng, dan DHA, yang merupakan kunci untuk kesehatan otak. Untuk vegetarian yang masih mengonsumsi beberapa produk hewani, telur bisa menjadi pilhan terbaik karena kaya akan vitamin B12 – nutrisi penting yang kebanyakan manusia dapatkan dari daging, ikan, dan susu. Tinggi tidaknya nutrisi yang terkandung pada telur juga sangat tergantung dari bagaimana proses produksinya. Bila peternak ayam memberi pakan ayam petelur omega 3, maka akan menghasilkan telur yang diperkaya dengan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

4. Telur mentah amankah?

Semua jenis telur mentah – bahkan telur organik – dapat membawa risiko penyakit yang berasal dari bakteri salmonella. Secara historis, pemakan makanan mentah merasa bahwa telur yang digoreng dapat membuat nutrisi pada telur hilang. Tetapi sesungguhnya anggapan tersebut tidaklah benar.

5. Cara sehat makan telur

Merebus telur atau memasak tanpa menggunakan minyak atau mentega adalah cara terbaik untuk memasak telur karena rendah kandungan kalori. Telur dapat menjadi pilihan untuk makan siang dan camilan sehat pada malam hari.

Bagaimana, teman-teman tertarik untuk konsumsi telor mulai hari ini? Tentunya dengan tidak berlebihan, karena apapun itu berlebihan sangat tidak baik untuk kita sendiri. Semangaat.

Advertisements

5 thoughts on “siapa yang suka telor?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s