10 langkah desain website


sedikit berbagi, begitu berarti…

Walaupun saia bukanlah seorang web-designer atapun web-programmer, tapi saia akan coba berbagi tentang bagaimana sebenarnya tahapan yang baik ketika kita mau mendesain suatu website. Teringat dulu mata kuliah software-engineering, bahwa dalam membangun sebuah perangkat lunak ataupun software itu ada dua cara yaitu SDLC (System Life Development Circle) dan RAD (Rapid Application Development).  Itu semua tergantung kebutuhan juga skalanya, saia rasa intinya cuma dua hal itu. Sedangkan untuk mendesain sebuah website, sebenarnya dapat dikatakan sama. Hanya mungkin istilahnya saja yang tidak tahu. Mengutip dari about.com bahwa ada beberapa tahapan dalam mendesain website, antara lain:

  1. research

    illustrasi (memphis.edu)

    Langkah pertama ketika membuat website adalah untuk melakukan penelitian. Berhubungan intens dengan klien guna memahami kebutuhan mereka sehingga dapat membantu mengembangkan kerangka website. Mencakup target, tujuan, arah kreatif dan variabel lain seperti anggaran dan tenggat waktu.

  2. brainstorming

    illustrasi (programsuccess.wordpress.com)

    Setelah kita tahu tentang apa proyeknya, saatnya berembuk dengan team yang ada, dua kepala lebih baik dari pada satu kepala. Artinya bahwa beberapa ide atau konsep yang unik dan menarik bisa didapatkan. 

  3. decide on technical requirements

    illustrasi (vineyard2door.com)

    Hal-hal yang bersifat teknikal berpengaruh pada anggaran, deathline schedule. Perlu adanya keputusan seperti penggunaan software tertentu, apakah websitenya murni HTML, CMS ataupun FLASH.

  4. write an outline

    illustrasi (writeawriting.com)

    Setelah ide terkumpul, barulah lanjut ke arah fitur atapun konten apa saja yang akan di tampilkan semuanya secara detil.

  5. create wireframes

    illustrasi (teamnirvana.com)

    Ini adalah gambar layout sederhana dari konten yang sudah ditentukan, komunikasi yang baik dengan klien kita supaya kitanya juga fokus dengan layout yang sudah ada.

  6. design the website
    Barulah anda mulai berkreasi dengan desain yang sesungguhnya, apakah itu CSSnya serta konten lain yang menggunakan software adobe sekeluarga.
  7. build web pages

    illustrasi (build-your-website.co.uk)

    Ketika desainnya sudah selesai, barulah buat halaman-halaman websitenya, apakah itu tata letaknya juga fitur yang bersangkutan.

  8. develop website

    illustrasi (webbuildinginfo.com)

    Proses ini meng-compile keseluruhan modul yang telah dibuat. Setelah benar-benar beres dengan tahap desain, dijalankan dilocalhost dulu, baru kemudian di online kan.

  9. promote the website

    illustrasi (bugtreat.com)

    Promosi website yang sudah kita buat dapat dengan berbagai cara, apakah itu lewat blog, jejaring sosial dan lainnya.

  10. keep it fresh

    illustrasi (gentlepurespace.com)

    Menjaga website selalu update dengan info-info terbaru, atau menyuguhkan suatu yang beda dan selalu maintenance website dengan telaten. Membuat website tetap fresh, salahsatu jalan menarik visitor terutama buat website komersil.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang mau buat website ataupun sekedar menambah wawasan. Sekali lagi kalau ada yang salah ataupun kurang dalam langkah di atas mohon dikoreksi. CMIIW.

Advertisements

6 thoughts on “10 langkah desain website

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s