yuk, kita sendawa


sedikit berbagi, begitu berarti…

Siapa yang bersendawa setelah makan?rasanya saia.
Siapa yang bersendawa setelah dipijat?saia juga deh. 
Atau siapa yang bersendawa terus-terusan walaupun perutnya kosong?mudah-mudahan bukan saia.

sendawa

illustrasi (sendawa)

Mungkin pertanyaan-pertanyaan gak penting diatas juga pernah anda alami. Sebenarnya apa sih sendawa itu? Apa yang menyebabkan kita bersendawa dan bagaimana cara mengurangi sendawa tersebut? Inilah yang saia kutip dari beberapa sumber mengenai sendawa.

Apa itu sendawa?
Sendawa biasanya dianggap sebagai tanda tubuh sudah kenyang. Bersendawa merupakan salah satu fungsi normal dari tubuh yang bermanfaat untuk mengeluarkan gas atau udara yang menumpuk di dalam perut sehingga mengurangi rasa tidak nyaman.

Penyebab Sendawa

  • Umumnya disebabkan oleh  udara yang tertelan saat makan terlalu cepat, bicara saat makan, minuman berkarbonasi atau minum melalui sedotan. Ketika seseorang makan atau minum, maka sebenarnya bukan hanya makanan dan minuman saja yang masuk ke dalam tubuh. Tapi udara seperti gas nitrogen dan oksigen juga masuk ke dalam perut dan jika sudah menumpuk udara ini harus dikeluarkan melalui sendawa.
  • Penyebab lain biasanya dipacu oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Dan produksi asam lambung yang berlebihan disebabkan oleh banyak faktor baik fisik maupun psikologis.
    Faktor fisiknya seperti keterlambatan makan, makanan yang merangsang seperti makanan pedas, asam, panas dan juga yang mengandung rempah-rempah yang berlebihan.  Sedangkan faktor psikologisnya antara lain stres pikiran akibat berbagai sebab mulai dari pekerjaan, konflik dalam rumah tangga, konflik dengan orang lain yang menyita pikiran dan waktu, terlalu lelah, kurang tidur.

Cara mengurangi sendawa

sendawa-beer

illustrasi (sendawa-beer)

  • Makanan dan minum perlahan.
    Cara ini bisa mengurangi jumlah udara yang tertelan. Selain itu, cobalah hindari minum melalui sedotan.
  • Hindari minuman berkarbonasi dan bir.
    Minuman ini melepaskan gas karbodioksida.
  • Hindari permen karet dan permen keras.
    Saat mengunyah permen karet atau menghisap permen keras, Anda menghirup udara lebih banyak dibandingkan normal.
  • Jangan merokok.
    Saat menghisap rokok, Anda juga menghirup dan menelan udara.
  • Periksa gigi palsu Anda.
    Gigi palsu yang tidak terpasang dengan benar akan membuat Anda menelan lebih banyak udara saat makan atau minum.
  • Obati heartburn.
    Heartburn (naiknya asam lambung melalui kerongkongan) ringan bisa ditangani dengan antasida yang dijual di apotek. Jika gangguan Anda tidak sembuh juga, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.
  • Hindari berbaring segera setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati berlutut selama 10 menit
  • Konsumsi biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan.
  • Cobalah olahraga sederhana yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada Anda. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali.
  • Duduk tegak setelah makan akan memaksa udara ke atas sehingga mudah dikeluarkan dengan bersendawa.

Nah, bagaimana ketika kita dipijat lalu bersendawa?
Menurut Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD bahwa salah satu tujuan pijat adalah untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Sendawa dapat sebagai tanda terjadinya peningkatan peredaran darah tubuh, termasuk pada sistem pencernaan, termasuk pada organ pencernaan yang tengah ‘istirahat’ yang menyimpan udara.
Dengan peningkatan peredaran darah, dapat membantu mengaktifkan kembali organ tersebut sehingga dapat membuang udara yang tidak diperlukan di dalam organ tersebut.

Lalu, kalau kita terus-terusan bersendawa?
Maka harus mewaspadai beberapa masalah kesehatan seperti:

  • Dispepsia, yaitu gejala yang berkaitan dengan fungsi pencernaan seperti perut kembung, nyeri, mual, muntah, merasa terlalu kenyang setelah makan, kurang nafsu makan atau memuntahkan sebagian makanan yang sudah dimasuk ke tubuh
  • Gangguan pada esofagus
  • Sakit maag
senyum dan tawa

illustrasi (tarbiyatunnisaa.blogspot.com)

Sejauh ini, mudah-mudahan sudah paham tentang apa itu sendawa. Tapi malah menurut saia pribadi kita itu harus selalu ‘sendawa’, asalkan jangan sendirian saja. Sendawa yang saia maksud adalah senyum dan tawa. Jadi, mari kita sendawa!

sumbernya:
1. metronews
2. mediaindonesia
3. gerry-tk
4. detik-health
5. detik-health

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s