soto babi dan capcay


sedikit berbagi, begitu berarti…

soto-daging

illustrasi (caramasak.info)

Saia ingin menceritakan tentang kejadian tadi malam, sebenarnya tidak penting juga sih untuk diceritakan. Tapi,  namanya juga usaha untuk belajar menuliskan sesuatu, right?. Seperti biasa, sepulang ngantor ba’da maghrib beserta kawan seperjuangan yang bermata empat, ditemani ‘petir’ sebagai kendaraannya. Sehabis diguyur hujan deras dan gerimis-gerimis kecil yang tertaburan dari langit yang mulai pekat, diiringi semilir angin-angin malam yang berusaha menelusup masuk ke dalam tulang membagi-bagikan rasa ‘dingin’nya membuat kami sedikit menggigil dan mengkerut.

Terlintaslah ide untuk mencari makanan berkuah, karena suasananya yang mendukung. Akhirnya kami meluncur ke warung langganan kami ‘Pak Joko’ untuk beli soto daging. Nah, kejadian lucu terjadi saat kita sampai didepan warung itu, tanpa turun dulu dari motor, kawan saia setengah berteriak, “paak., soto bbaabinya masih ada gak..??” sedikit terbata-bata. Ehh,..salah-salah-salah” dengan kikuk kawan saia meralat ucapannya. maksudnya “daging, iya soto daging”. Untungnya Pa Joko tidak terlalu mendengar, cuma ikut tertawa lantaran melihat kita tertawa, saia yang berada dibelakang tidak tahan, cekikikan tidak jelas.

Pak joko cuma menjawab,” soto dagingnya habis..adanya tinggal soto ayam..”

Yaah..” kawan saia menghela nafas..ya sudah pak, kita akhirnya pamit, tapi tetap ketawa-ketawa selama dijalan, sampai-sampai kawan saia keluar airmata gara-gara kebanyakan ketawa.

Lucu banget kalau inget kejadian tadi malam, setelah kita gagal mencicipi soto dagingnya pak joko, akhirnya niat meluncur ke soto padang, tapi ditengah jalan kami berubah pikiran. Kawanku menawari capcay ‘beneran’, “lhoo…memang ada yang capcay bohongan..?” ucapku penasaran. Maksudnya beneran itu, ternyata dari harga dan komposisinya beda.

Putar baliklah si ‘petir’, meluncur tak kenal ampun, kawan saia tidak berbekal baju zirah, pun helmnya tidak ada, saia sendiri tidak memakai jubah yang biasanya. Angin malam yang semakin tajam menghujam tubuh kami, tanpa peduli kami berusaha tegar menghalau semuanya. Tak lama, kami sampailah di tukang capcay ‘beneran’ itu.
Memesan capcay sapi, memasak dengan gaya teppanyaki, saia begitu memperhatikan dari awal sampai akhir proses memasaknya. Disela-sela memasak capcay, ada asisten yang sedang menggoreng suatu adonan, yang sedari tadi saia perhatikan mirip dengan martabak telor, apa yah (dalam hati bertanya). Tanpa disuruh, kawanku bilang bahwa itu namanya fuyunghai. Ooh, itu yang namanya fuyunghai..waah, ndeesoo sekali saia. Penampilannya mirip dengan martabak telor, cuma agak buncit sedikit karena komposisi sayuran, daging yang lebih banyak. Keliatannnya mantaabs, kalau kapan-kapan di icip-icip.

capcay-kuah

illustrasi (id.openrice.com)

Akhirnya pesanan satu capcay sapi ‘beneran’ pun dibungkus dengan plastik transparan, tak lupa dijatuhkan juga dua genggam nasi kepal yang terbalut rapi oleh kertas nasi. Lho, kenapa beli capcaynya cuma satu..? karena satu saja udah banyak, jadi dibagi dua sama kawanku.

Singkat cerita, mampir ke kontrakan kawanku. Makanlah disana, benar-benar beruntung saia, dijamu bak seorang raja, semua disediakan, mulai dari piring, mangkuk, nasi, minum tinggal ambil, sembari makan kita berdua menikmati sebuah film dokumenter what inside milky way. Eiists, kita berdua normal kok, kawanku sudah beristri lho. Semuanya diakhiri oleh menguapnya saia dan terhanyut di telan mimpi. Tapi, saia langsung terbangun lagi, daripada saia semakin terdampar jauh, saia putuskan pulang ke kontrakan sendiri.

Sambil mengingat-ingat kejadian itu suka tertawa sendiri. Tak sengaja, meluncur dan terhempaslah saia ke dalam buaian mimpi yang sempat terputus tadi.

Advertisements

2 thoughts on “soto babi dan capcay

  1. Pingback: dari teh manis hingga ke dubai | sedikit berbagi

  2. Pingback: bukber dengan gadis imut « senitea's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s