sabar dan sholat


sedikit berbagi, begitu berarti…

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلاَقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”
(Al-Baqarah: 45-46)

sabar-sholat

illustrasi (muslimahzone.com)

Khotib khutbah jum’at kemarin oleh Ust.Umam SQ.
Beliau membahas tentang kandungan yang terdapat pada ayat di atas. Seperti biasa, khotib pasti mengingatkan kita untuk sebenar-sebenarnya takwa, yaitu menjalankan segala apa-apa perintah-Nya dan menjauhi apa-apa yang di larang-Nya. Kualitas ketakwaan kita hari demi hari haruslah ada upaya peningkatan, jangan kita menjadi orang yang sama dengan hari kemarin, karena hal itu dapat menjadikan kita menjadi orang-orang yang rugi. Permasalahan yang melanda setiap manusia entah itu  kadarnya ringan ataupun berat, menurut beliau sebenarnya sudah ada kunci untuk menjawab setiap permasalahan yang di alami tersebut, kuncinya yaitu dengan sabar dan sholat.

Sabar yaitu tetap teguh dalam taat kepada Alloh SWT dalam kondisi apapun. ” tutur beliau. Sabar tidak berarti diam atau pasrah, oleh sebab itu dalam surat Al-Baqarah ayat 45-46, kata sabar di iringi oleh kata sholat. Kata sholat yang berdiri sendiri dalam Al-Qur’an, artinya tanpa ada ruku atau sujud, menurut beliau artinya adalah berdoa. Jadi, sholat di sini bukanlah sholat secara harfiah saja, tetapi maknanya lebih ke arah berdo’a.

Dalam ayat diatas disebutkan bahwa  sabar dan sholat itu tidaklah mudah, demikian beratnya kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.

Apakah khusyu’ itu hanya dalam sholat saja?
Apakah khusyu’ itu artinya sholatnya tenang, lama, penuh penghayatan?

Definisi khusyu’ tidaklah sesempit itu…” tegas beliau. Khusyu’ tidak melulu dalam sholat, tapi setiap aspek kehidupan, mulai dari bangun tidur sampat tidur lagi . Khusyu’ disini artinya tumbuhnya kesadaran dalam jiwa bahwa kita sedang berhadapan dengan Dzat Yang Maha Agung. Sehingga kita itu benar-benar yakin, bahwa kita makhluk lemah tak berdaya yang senantiasa berada dalam pantauan Alloh SWT dan yakin bahwa kita pasti akan kembali pada-Nya.

Sholat atau do’a yang dimaksud di sini, seringkali disalahgunakan. Kadang kita hanya berdo’a ketika butuhnya saja. Padahal do’a itu bukan sekedar minta kebutuhan-kebutuhan, tapi adanya kesadaran butuh terhadap Alloh SWT semata, dengan ber-istighfar merasa tak berdaya dan do’a itu dilakukan secara terus-menerus.

do'a

illustrasi (madingmuslim.wordpress.com)

Jangan berhenti berdo’a ketika misalnya do’a kita telah di kabulkan oleh Alloh SWT, bisa jadi potensi negatif pada diri kita muncul, akhirnya malah jadi sombong dan takabur. Intinya berdo’a itu adalah benar-benar menyadari bahwa kita itu makhluk lemah yang banyak segala salah/khilaf, kemudian khusyu’  dan istiqomah dalam do’a kita serta tak lupa tata cara, syarat, tempat/waktu dalam berdo’a juga diperhatikan.

Khutbah itu ditutup oleh Do’a Nabi Yunus AS:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya

Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang khusyu’. Aamiin.

Mesjid Al-Adzkar
Lebak Bulus

Advertisements

3 thoughts on “sabar dan sholat

  1. Pingback: sudah khusyu’ sholat kita? | sedikit berbagi

  2. Pingback: jangan jadi ‘KEBO’ « senitea's blog

  3. Pingback: selamat berkendara « senitea's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s