boss, menyalip itu dari kanan…!


sedikit berbagi, begitu berarti…

Beberapa jam yang lalu, saia terpikirkan untuk menulis ini. Untuk beberapa orang, jalan raya merupakan teman sekaligus musuh yang setiap hari bertemu. Entah itu berangkat sekolah, kuliah, kerja maupun ketika kita balik lagi sampai rumah. Di himpit oleh kebutuhan yang menjejali kita sebagai pengendara, seringkali tidak menghiraukan rambu-rambu di jalan raya itu sendiri.

overtaking atau menyalip

illustrasi (dating1206.blogspot.com)

Salah satunya adalah menyalip atau overtaking, istilah ini mungkin cukup akrab dikalangan pengendara yang bertujuan untuk mendahului kendaraan yang berada didepannya. Sebagai pengendara yang baik tentu tahu mengenai aturan dan tata-cara menyalip yang benar, demi menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Di samping harus memperhatikan faktor kendaraan kita sendiri, jalan raya tentunya faktor psikis kita pun perlu diperhatikan. Seperti yang dikutip dari thecrowdvoice dan sukabaca-baca.blogspot.com ternyata menyalip pun ada aturannya, setidaknya dapat kita jadikan tambahan wawasan bagi para pengendara. Yaitu:

  1. Untuk mendahului gunakanlah lajur kanan yang berada dalam  kondisi lengang dan aman.
  2. Perhatikan lampu sein (sign) kendaraan didepan kita, kalau berkedap-kedip lebih baik sabar dulu untuk menyalip.
  3. Selalu perhatikan spion untuk memastikan posisi kendaraan dibelakang kita.
  4. Pergunakanlah gigi rendah saat menyalip, hal itu bertujuan  agar torsi maksimum kendaraan lebih tercapai sehingga akselerasi kendaraan lebih cepat.
  5. Jangan menyalip ketika medannya menanjak atau memasuki tikungan, tetap perhatikan marka jalan apabila ada garis panjang (tidak putus-putus), itu tanda bagi pengendara dilarang pindah jalur.
  6. Berhati-hati bila ada kendaraan lain yang mengikuti langkah anda menyalip kendaraan didepan. Selalu atur jarak dan timing yang tepat saat menyalip.
  7. Jangan membunyikan klakson secara berlebihan atau  menyalakan lampu jauh yang dapat memancing emosi pengendara di depan kita.
  8. Toleransi yang tinggi bila ada kendaraan lain yang minta untuk mendahului.
kanan

illustrasi (plurk.com/ardityak)

So, ternyata menyalip itu memang dari kanan. Trus, kalau dari kiri kenapa?? Yaah, demi keselamatan dan menghindari kecelakaan lebih baik gunakanlah lajur kanan untuk mendahului. Hal ini juga dipertegas oleh UU Lalu-lintas yang saia kutip dari metro-kompasiana bahwa:
menyalip dari kiri jalan tanpa memperhatikan kendaraan lain dikenakan Pasal 300, dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.
Daripada sudah jatuh tertimpa tangga, lebih baik kita riding safety saja, baik itu pengendara motor ataupun mobil. Di dalam kehidupan sebenarnya juga tidak jauh berbeda, lajur kanan itu identik dengan kebaikan. Sedangkan lajur kiri identik dengan keburukan, Maka untuk mendahului sesama kita, baik itu di lingkungan kerja, sekolah, tempat tinggal alangkah indahnya jika kita menggunakan lajur kanan daripada lajur kiri yang notebene menggunakan segala cara agar tujuannya tercapai.

Ingat, “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain” (HR. Bukhari).

Jadi, menyalip itu dari kanan  mboss…

Advertisements

2 thoughts on “boss, menyalip itu dari kanan…!

  1. Pingback: trip to glodok (bag.1) | sedikit berbagi

  2. Pingback: selamat berkendara « senitea's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s