Kapan terakhir anda menangis…?


sedikit berbagi, begitu berarti…

Ya..itu yang saia tanyakan sama anda semua. Kenapa saia bertanya hal itu dan sebenarnya ada apa dengan menangis. Anda tentunya sudah paham bahwa menangis merupakan salah satu bentuk luapan emosi dengan mengeluarkan air mata, apakah itu sedih maupun bahagia.

air mata

illustrasi (rahmatallah.blogspot.com)

Terlepas dari sebab dan alasan yang membuat anda menangis, ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh. Seperti yang saia kutip dari beberapa sumber tentang manfaat menangis antara lain:

  1. Membantu penglihatan.
    Air mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata itu sendiri sehingga membantu penglihatan kita, dapatkan dibayangkan bila mata kita mengalami kekeringan.
  2. Membunuh bakteri.
    Dalam air mata terkandung cairan lisozom sebagai antibakteri alami yang mampu membunuh bakteri 90-95% hanya dalam 5-10menit.
  3. Meningkatkan mood.
    Dengan menangis anda dapat mengurangi level depresi, sehingga mood anda akan terangkat kembali. Air mata ini mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.
  4. Mengeluarkan racun.
    Hasil studi ahli biokimia William Frey mengungkapkan bahwa air mata yang keluar akibat menangis mengandung racun yang lebih tinggi dari yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata tersebutlah yang membawa racun keluar dari dalam tubuh.
  5. Mengurangi stress.
    Air mata dapat mengurangi hormone stress dalam tubuh seperti endorphin, leucine-enkaphalin dan prolactin. Sehingga, dapat menurunkan level stress dan membantu melawan penyakit yang diakibatkan oleh stress seperti tekanan darah tinggi.
  6. Melegakan perasaan.
    Hasil penelitian Dr Gerald R. Bergman, seorang profesor di Medical University of Ohio menunjukan bahwa 88,8% orang merasa lebih baik setelah menangis dan hanya 8,4% yang merasa lebih buruk.Ketika anda didera musibah, cobaan dan masalah. Namun, setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.

Sedangkan menangis dalam islam sangat dianjurkan, menangis bukanlah tanda lemahnya jiwa seseorang. Siapa yang tidak tahu Khalifah Umar bin Khattab RA, seorang khalifah yang terkenal tegas dan tidak kompromi dengan kedzholiman dan mampu membuat ciut nyali musuh-musuh islam. Namun, dibalik keperkasaan dan tubuh kekar yang dimiliki ternyata beliau mudah sekali menangis ketika berdiri sholat menghadap Alloh SWT atau saat berdzikir menyebut asma Alloh SWT.
Sosok yang lain yaitu Muhammad Al-Fattah, penakluk Konstantinopel. Beliau adalah sosok perkasa yang disegani dan ditakuti oleh musuh-musuhnya dalam medan pertempuran, namun seringkali menangis tersedu-sedu saat mengadu kepada Alloh SWT di sepertiga malam di tengah-tengah kemah pasukannya yang terlelap kelelahan karena bertempur.

Dalam Al-Qur’an Surat Maryam ayat 58, Alloh SWT berfirman:
“…apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.”

ada juga Hadist riwayat Bukhari-Muslim yang berbunyi:
Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, pada suatu hari Rasulullah berkhutbah yang mana belum pernah aku mendengar khutbah Beliau yang seperti itu. Maka Beliau bersabda dalam khutbahnya itu: “Andaikata kamu mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kamu semua akan sedikit tertawa dan banyak menangis”. Anas berkata, “saat itu para Sahabat Nabi semuanya menutup wajah mereka sambil menangis tersedu-sedu”.

muslimah berdoa

illustrasi (tiwilcreations.blogspot.com)

Oleh karena itu menangislah karena Alloh SWT, artinya kita menyadari betul segala dosa-dosa yang kita lakukan baik sengaja ataupun tidak, dzhohir maupun bathin. Alangkah ruginya jika kita menangisi hal yang sia-sia, sementara untuk agamanya sendiri mata ini terasa beku.

Rasulullah SAW berpesan:
“Mata yang beku yang tidak mampu menangis adalah karena hati orang itu keras dan hati yang keras adalah karena menumpuknya dosa yang telah diperbuat. Banyaknya dosa yang dibuat seseorang adalah karena orang tersebut lupa mati, sedangkan lupa mati datang akibat panjangnya angan-angan. Panjang angan-angan muncul karena terlalu cinta pada dunia, sedangkan terlalu mencintai dunia adalah pangkal segala perbuatan dosa.”

Jadi, kapan terakhir kali anda menangis karena Alloh SWT…???

sumber:
1. disini
2. disana
3. disitu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s